PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK TOKO ENKA DENGAN FRAMEWORK EAP

  • Alvin Risma Shaniapuri Universitas PGRI Madiun

Abstract

Teknologi informasi pada zaman sekarang yang semakin maju dan berkembang dapat dimanfaatkan dalam mempermudah melakukan pekerjaan. Untuk mengurangi dampak dari tersebut dapat menggunakan digitalisasi dalam dunia usaha. Digitalisasi telah banyak digunakan dalam berbagai bidang misalnya saja bidang pemasaran. Pemasaran produk pada toko ENKA masih mengandalkan pemasaran dengan cara tradisional, yaitu dengan menjajakan dan menawarkan pada distributor secara door to door. Dengan memanfaatkan pemasaran produk yang masih tradisional, Toko ENKA memperoleh pelanggan hanya sebatas orang yang ditawarkan dan mengetahui produk toko ENKA. kurang efisiennya dalam usaha pemasaran yang mengakibatkan masih belum terlalu dikenal secara global produk yang dijual. Perlu adanya strategi pemasaran untuk dapat memperluas wilayah pemasaran produk Toko ENKA. Dalam merancang perencanaan strategi pemasaran dengan menggunakan website pada Toko ENKA akan menggunakan framework Enterprise Architecture Planning (EAP). Diharapkan dengan adanya perencanaan strategi pemasaran hasil produk Toko ENKA dengan media website menggunakan framework Enterprise Architecture Planning dapat memberikan gambaran dalam pengembangan strategi pemasaran menggunakan digital sehingga dapat memudahkan dalam promosi usaha dan pemasaran produk serta dapat memberikan keefektifan dan efisiensi baik dari budget maupun tenaga dalam penggunaan digital marketing. Rekomendasi yang dapat diberikan berupa roadmap perencanaan strategis guna membantu menerapkan perencanaan strategis yang telah dibuat sesuai dengan yang telah direncanakan.

References

P. S. Hasugian, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 82–86, 2018.

M. Azmi, B. Soeddijono, and M. R. Arief, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi dengan Metode Enterprise Architecture Planning ( Studi Kasus : STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani-Lombok ),” J. Teknol. Inf., vol. XIV, no. 2, pp. 79–87, 2019.

H. A. Mumtahana, A. R. Shaniapuri, and T. D. Saputra, “Perancangan Web Desa dengan Framework Enterprise Architecture Planning pada Desa Kiringan-Takeran Kabupaten Magetan,” J. IT CIDA, vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2020.

D. Tamala and S. Assegaff, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Enterprise Architecture Planning ( EAP ) Pada Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Sarolangun,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 1–13, 2020.

A. Junaidi and C. Sumirat, “Aplikasi Persediaan Barang PT. CAD Solusindo Menggunakan Metode Waterfall,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 7, no. 1, p. 28, 2018, doi: 10.32736/sisfokom.v7i1.280.

S. Kasus, P. Pt, and I. Mina, “Pembangunan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web,” PROGRESIF, vol. 15, pp. 13–24, 2019.

D. F. K. S. Wibowo, E. Utami, and A. Nasiri, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 11, no. 3, pp. 149–157, 2020.

Y. H. Pratama, A. Rosidi, and A. Nasiri, “Analisis Kebutuhan Sistem Informasi dengan Pendekatan VALUE CHAIN (Studi Kasus: SMKN 5 Mataram),” J. Saintekom, vol. 10, pp. 106–118, 2020.

Ervina, “E-commerce : Pengertian, Jenis e commerce, dan Keuntungannya,” insight talenta. .

C. A. Sukandar, “Apa Itu Email Marketing,” wartaekonomi, 2019. .

Published
2021-04-30
How to Cite
Shaniapuri, A. (2021). PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK TOKO ENKA DENGAN FRAMEWORK EAP. JURSIMA, 9(1), 72 - 81. https://doi.org/10.47024/jrs.v9i1.227