INTEGRASI DATA STRATEGI BISNIS DAN KOMERSIALISASI TEKNOLOGI UNTUK SURVIVAL RATE BISNIS DI ERA NEW NORMAL
Abstract
Abstrak Komersialisasi teknologi merupakan serangkaian proses pengembangan dan pemasaran teknologi yang dirancang untuk mencapai suatu titik yang dapat diaplikasikan pada suatu kegiatan produksi atau konsumsi sehingga dapat menghasilkan keuntungan. Sukses atau tidaknya komersialisasi bisnis berbasis teknologi dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kapasitas Start Up Vokasi sebagai pengusaha berbasis teknologi, mentor yang mendampingi Start Up Vokasi, pusat inkubasi yang melakukan proses inkubasi kepada Start Up Vokasi, dan nilai Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) dari produk teknologi yang dikomersialisasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan integrasi data strategi bisnis dan komersialisasi teknologi melalui pembuatan prototype sistem informasi untuk meningkatkan survival rate bisnis pada start up vokasi di Jawa Timur dalam menghadapi new normal. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan meliputi melakukan studi terhadap startup vokasi di Jawa Timur untuk menggali permasalahan yang dihadapi dan melakukan analisis SWOT. Kemudian melakukan rekap data awal, dilanjutkan melakukan analisis Survival Rate, membuat Prototype Sistem informasi dan melakukan analisis terhadap integrasi data dan strategi bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototype Sistem informasi Start up vokasi mampu memberikan pelayanan yang lebih baik dalam proses inkubasi, monitoring evaluasi perkembangan usaha, dan strategi bisnis yang baik bagi para Start UP Vokasi khususnya pada wilayah Jawa Timur. kata kunci : integrasi data, sistem informasi, survival rate bisnis, start up vokasi jawa timur
Published
2022-07-27
How to Cite
Devi, Y., Maulana, D., fauzi, M., Akseptori, R., & Arif, M. (2022). INTEGRASI DATA STRATEGI BISNIS DAN KOMERSIALISASI TEKNOLOGI UNTUK SURVIVAL RATE BISNIS DI ERA NEW NORMAL. JURSIMA, 10(2), 24 - 35. https://doi.org/10.47024/js.v10i2.334
Section
Artikel