PENGELOMPOKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA COVID-19 DENGAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENJAMIN MUTU PENDIDIKAN DI SMK BINA CENDEKIA

PENGELOMPOKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA COVID-19 DENGAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENJAMIN MUTU PENDIDIKAN DI SMK BINA CENDEKIA

  • Maulana Jamaludin STMIK IKMI Cirebon
  • Martanto Martanto STMIK IKMI Cirebon
  • Agus Bahtiar STMIK IKMI Cirebon

Abstract

AbstrakHampir dua tahun, dunia dihadapkan dengan adanya malasah virus mematikan yang dikenal dengan sebutan Coronavirus Disease 2019 atau disingkat Covid-19. WHO telah menetapkan masalah virus corona sebagai suatu pandemic global, pandemic ini telah mengganggu berbagai kegiatan tak terkecuali kegiatan Pendidikan. Kegiatan belajar mengajar di sekolah yang semula dilakukan dengan tatap muka, karena adanya pandemic ini berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau disebut dengan Dalam Jaringan (Daring).. Penelitian ini bertujuan akan Melakukan Penglompokan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Covid-19 Dengan Algoritma K-Mean Untuk Menjamin Mutu Pendidikan Di Smk Bina Cendekia. Oleh Karena itu, metode yang akan digunakan penelitian ini adalah metode Algoritma K-Means Clustering. Dilakukan data mining terhadap dataset hasil belajar siswa. Selanjutnya dilakukan praprocessing terhadap dataset tersebut untuk menghilangkan data missing dan menentukan atribut-atribut data yang diperlukan untuk pengelompokkan. Untuk menentukan jumlah kelompok yang ideal maka dilakukan perhitungan nilai kelompok menggunakan Davis Bouldin Indeks serta menghitung distance performance, Penelitian ini menghasilkan pengelompokkan hasil belajar siswa pada masa pandemic covid-19 dengan menggunakan algoritma k-mens akan diperoleh jumlah kelompok sebanyak 2 Cluster Kelompok. Dimana nilai distance performance sebesar 74.166% diperoleh nilai DBI sebesar 0.669Keywords: Pengelompokan, Algoritma K-Means Clustering
Published
2022-08-23
How to Cite
Jamaludin, M., Martanto, M., & Bahtiar, A. (2022). PENGELOMPOKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA COVID-19 DENGAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENJAMIN MUTU PENDIDIKAN DI SMK BINA CENDEKIA. JURSIMA, 10(2), 71 - 81. https://doi.org/10.47024/js.v10i2.403