PENGARUH E-SERVICE QUALITY, KESADARAN MEREK DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

  • Resfika Aswira Politeknik Baubau
  • Kuswinton Kuswinton Politeknik Baubau

Abstract

ABSTRAK Teknologi dan informasi berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan meningkatnya kemudahan perkembangan internet, sehingga fungsi  internet tidak hanya untuk mencari informasi, tetapi juga untuk membeli secara online. Toko online menawarkan berbagai peluang untuk berbisnis dan menjalankan berbagai kampanye. Loyalitas pelanggan masih menarik untuk dipelajari karena masih banyak artikel di area ini. Saat ini tren transportasi online tidak hanya di kota-kota besar saja, Kota Baubau juga memiliki alat transportasi online bernama Kururio. Dengan bantuan transportasi online, diharapkan para pengemudi ojek dapat lebih mudah menawarkan jasanya tanpa harus berkeliling kota untuk mencari penumpang, maupun pelanggan untuk mencari transportasi yang mereka butuhkan. telah dilaksanakan sejak tahun 2018. Tujuan penelitian ini untuk Cari tahu bagaimana kualitas layanan elektronik mempengaruhi loyalitas pelanggan, untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek terhadap loyalitas pelanggan, dan Cari tahu bagaimana kepercayaan pelanggan mempengaruhi loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa E-service quality, kepercayaan pelanggan dan kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Kururio Kota Baubau. Kata Kunci: E-Service Quality, Kepercayaan pelanggan, Kesadaran Merek, dan Loyalitas pelanggan   ABSTRACT Technology and information have developed rapidly in recent years, along with the ease of development of the internet, so that the function of the internet is not only to search for information, but also to buy online. Online shops offer various opportunities to do business and run various campaigns. Customer loyalty is still interesting to study because there are still many articles in this area. At present the online traffic trend is not only in big cities, Baubau City also has an online traffic tool called Kururio. With the help of online transportation, it is hoped that ojek drivers can more easily offer their services without having to go around town looking for passengers, as well as customers looking for the transportation they need. has been carried out since 2018. The purpose of this research is to find out how electronic service quality affects customer loyalty, to determine the effect of brand awareness on customer loyalty, and find out how customer trust affects customer loyalty. The method used in this study is multiple regression. The results of this study indicate that E-service quality, customer trust and brand awareness have a positive and significant effect on customer loyalty Kururio Baubau City. Keywoards: E-Service Quality, Customer Trust, Brand Awareness, and Customer Loyalty  
Published
2024-01-10
How to Cite
Aswira, R., & Kuswinton, K. (2024). PENGARUH E-SERVICE QUALITY, KESADARAN MEREK DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. JURSIMA, 12(1), 150-159. https://doi.org/10.47024/js.v11i3.577