THE INFLUENCE OF BRAND CHARACTERISTICS AND BRAND SATISFACTION ON BRAND LOYALTY WITH BRAND TRUST AS A MEDIATING VARIABLE ON MS GLOW PRODUCTS IN SOLORAYA

  • Hetty Widiyana Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Moechammad Nasir Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik merek dan kepuasan merek terhadap loyalitas merek dengan kepercayaan merek sebagai variabel mediasi pada produk Ms Glow di Soloraya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Soloraya yang menggunakan MS Glow. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan pendekatan purposive sampling.  Pengambilan sampel dengan perhitungan Malhottra. Sampel dari penelitian ini sebanyak 140 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan bantuan Software SMARTPLS. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa karakteristik merek, kepuasan merek dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Karakteristik merek, kepuasan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek. Kepercayaan merek dapat memediasi hubungan antara karakteristik merek dan kepuasan merek terhadap loyalitas merek secara parsial.
Published
2024-01-29
How to Cite
Widiyana, H., & Nasir, M. (2024). THE INFLUENCE OF BRAND CHARACTERISTICS AND BRAND SATISFACTION ON BRAND LOYALTY WITH BRAND TRUST AS A MEDIATING VARIABLE ON MS GLOW PRODUCTS IN SOLORAYA. JURSIMA, 11(2), 370-384. https://doi.org/10.47024/js.v11i2.739