PENGARUH PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP ADOPSI MOBILE BANKING PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

  • Adinda Meissy Rahmadanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Imronudin Imronudin Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk pengaruh peran media sosial terhadap adopsi mobile banking pada mahasiswa di universitas muhammadiyah surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer. Populasi penelitian ini terdiri dari masyarakat Kota Solo mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini ialah sebanyak 150 responden.Teknik yang digunakan untuk pemilihan sampel adalah Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan ialah Partial Least Square (PLS) yang menggunakan bantuan software SMARTPLS. Hasil penelitian ini ialah bahwa variabel kemudahan, kegunaan dan keamanan masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengaruh adopsi Mobile Banking. Hal ini menunjukan bahwa Mobile Banking bagi mahasiswa sangat mudah digunakan, berguna dalam kehidupan sehari-hari dan aman untuk digunakan.
Published
2024-01-29
How to Cite
Rahmadanti, A., & Imronudin, I. (2024). PENGARUH PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP ADOPSI MOBILE BANKING PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. JURSIMA, 11(1), 279-288. https://doi.org/10.47024/js.v11i1.740