ANALISIS PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KINERJA BISNIS BENGKEL SEPEDA MOTOR DI SIDOARJO

  • Nanda Maulidya Rafiqana Universitas Sunan Giri Surabaya

Abstract

Pemasaran digital berperan penting dalam mempengaruhi kinerja usaha bengkel sepeda motor pada era milenial baru ini, untuk mendorong usaha yang lebih kreatif dengan keterlibatan akses, keterampilan, dan motivasi memakai media pemasaran digital ini Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di sekitar Kab. Sidoarjo, Kec. Waru, Prov. Jawa Timur pada bengkel-bengkel sepeda motor. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi lapangan serta dokumentasi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen sebagai teknik dalam mengumpulkan data-data yang dibutuhkan bagi penelitian yang sedang diteliti. Saat ini bengkel sepeda motor di Kabupaten Sidoarjo sudah ada yang menerapkan pemasaran digital dalam kegiatan-kegiatannya, baik itu promosi, memasarkan produk, dan lain sebagainnya. Dengan demikian, dapat menerapkan pemasaran digital apalagi zaman sekaran media sosial sangat berkembang pesat dan teknologi untuk pemasaran semakin canggih.Abstract ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia (kecuali artikel yang ditulis dalam bahasa Inggris) yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metode/pendekatan dan hasil penelitian.
Published
2023-11-01
How to Cite
Rafiqana, N. M. (2023). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KINERJA BISNIS BENGKEL SEPEDA MOTOR DI SIDOARJO. JURSIMA, 10(3), 418-423. https://doi.org/10.47024/js.v10i3.758