PENGARUH ETHICAL LEADERSHIP TERHADAP INNOVATIVE PERFORMANCE DENGAN INTELLECTUAL CAPITAL DAN SOCIAL CAPITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

  • Muhammad Ramadhan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Irmawati Irmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sidiq Permono Nugroho Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Pemimpin yang beretika atau berperilaku sebagai panutan dengan menunjukkan praktik moral dan etika, sehingga menginspirasi para pengikutnya untuk bersikap dan berperilaku positif. Hal ini pada gilirannya memengaruhi perilaku diskresi yang menguntungkan pekerja dan organisasi. Tujuan penelitian ini ialah pengaruh ethical leadership terhadap innovative performance dengan intellectual capital dan social capital sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan jenis metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan produsen batik di kampung batik Solo Raya. Sampel dari penelitian ini yaitu 100 karyawan produsen batik di kampung batik Solo Raya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Teknik Sampling Jenuh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Smart Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini ialah Ethical Leadership berpengaruh signifikan terhadap Intellectual Capital. Ethical Leadership berpengaruh tidak signifikan terhadap Innovative Performance. Ethical Leadership berpengaruh signifikan terhadap Social Capital. Intellectual Capital berpengaruh signifikan terhadap Innovative Performance. Social Capital berpengaruh signifikan terhadap Innovative Performance.  Intellectual Capital memediasi pengaruh Ethical Leadership terhadap Innovative Performance. Social Capital memediasi pengaruh  Ethical Leadership terhadap Innovative Performance.
Published
2023-08-21
How to Cite
Ramadhan, M., Irmawati, I., & Nugroho, S. (2023). PENGARUH ETHICAL LEADERSHIP TERHADAP INNOVATIVE PERFORMANCE DENGAN INTELLECTUAL CAPITAL DAN SOCIAL CAPITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. JURSIMA, 10(3), 339-356. https://doi.org/10.47024/js.v10i3.604