KOMPARASI KINERJA BERDASARKAN GENDER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan komparasi kinerja antara tenaga pendidik berjenis kelamin laki-laki dan perempuan di lingkungan kampus, institusi pendidikan. Dengan menggunakan metode analisis data statistik, studi ini mengevaluasi sejumlah variabel yang dapat mempengaruhi kinerja, termasuk pengalaman kerja, beban kerja, dan kemampuan interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja yang signifikan antara tenaga pendidik berjenis kelamin laki-laki dengan perempuan di Politeknik Pariwisata Batam. Temuan ini memberikan wawasan penting terkait kesetaraan dan kontribusi yang setara dari tenaga pendidik berbagai jenis kelamin (gender) dalam konteks institusi pendidikan. Studi ini mendorong pemahaman yang lebih mendalam terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja tenaga pendidik di Politeknik Pariwisata Batam, serta menyoroti pentingnya mengakui kontribusi setiap individu tanpa memandang jenis kelamin.Hasil uji menggunakan SPSS. 21 melalui uji independent sample t test, memberikan, kesimpulan penelitian ini mendukung ide bahwa upaya perbaikan dan peningkatan kinerja di lembaga pendidikan harus berfokus pada aspek-aspek tertentu yang bersifat universal, tanpa mengidentifikasi perbedaan signifikan dalam kinerja berdasarkan jenis kelamin. Hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian ini ditolak, dan sebaliknya didapati temuan bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja yang signifikan diantara tenaga pendidik berjenis kelamin pria dan tenaga pendidik berjenis kelamin perempuan. Hipotesis kedua yang diajukan dalam penelitian ini ditolak, dan sebaliknya didapati temuan bahwa tenaga pendidik berjenis kelamin pria secara signifikan tidak memiliki kinerja lebih tinggi dibandingkan dengan tenaga pendidik perempuan di Politeknik Pariwisata Batam
Published
2024-01-10
How to Cite
Wibowo, A., Rini, R. O. P., Nasution, M. N. A., & Supardi, S. (2024). KOMPARASI KINERJA BERDASARKAN GENDER. JURSIMA, 12(1), 54-63. https://doi.org/10.47024/js.v11i3.723
Section
Artikel