PENGUKURAN KUALITAS PENGGUNA TERHADAP SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA) STMIK GICI MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0
Abstract
Pesatnya perkembangan IT membuat sistem berbasis web menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari institusi pendidikan dalam hal layanan untuk komunitas akademik, profesor, mahasiswa, dan karyawan pendidikan. Layanan adalah sistem informasi akademik berbasis web yang perlu diukur untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna. Dalam penelitian ini, kualitas informasi web sistem informasi akademik STMIK GICI diukur menggunakan WebQual 4.0. WebQual adalah instrumen yang menilai kualitas informasi web sesuai dengan perspektif pengguna akhir. Analisis Regresi Linier Berganda digunakan untuk menguji hubungan antara variabel WebQual 4.0 dan User Satisfaction (kepuasan pengguna). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa hanya ada dua variabel WebQual 4.0. Usability (Kemudahan Penggunaan) dan Information Quality (Kualitas Informasi) berkontribusi secara signifikan positif terhadap User Satisfaction (kepuasan pengguna) pada sistem informasi akademik STMIK GICI.References
C. K, W. R. F dan A. J.F, “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis To Evaluate Website Commerce,” vol. 2555, 2018.
G. A, C. M, T. S dan S. D, “Website quality and internal business factors: An empirical investigation in the Italian wine industry (2016) "Website quality and internal business factors: An empirical investigation in the Italian wine industry,” Int. J. Wine Bus. Res., vol. 28, no. 4, pp. 308-326, 2016.
T. E dan A. A. M, “Customer participation in online co-creation experience: the role of e-service quality,” J. Res. Interact. Mark, vol. 9, no. 4, pp. 313-336, 2015.
A. Hafiz, "Mengukur Kualitas Website dengan Pendekatan Webqual 4.0 Modifikasi," in Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 2017.
F. Rohman dan D. Kurniawan, “Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional Penanggulangan Bencana Menggunakan Metode WebQual 4.0,” JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 31-38, 2017.
D. N. Fauziah dan D. A. Wulandari, “Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak. Com Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Webqual 4.0,” JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), vol. III, no. 2, pp. 173-180, 2018.
W. Gata, “Analysis Of Information System Quality Of Service On Bsi Academy's Environment Using Webqual Methods, Importance Performance Analysis And Fishbone,” Journal of Theoretical & Applied Information Technology, vol. 95, no. 2, 2017.
S. Wibowo, A. Setyanto dan A. Nastri, “Analisis Kualitas Website Universitas Amikom Yogyakarta Berdasarkan Persepsi Pengguna Internal Menggunakan Metode Webqual Modifikasi,” SEMNASTEKNOMEDIA Online, vol. 6, no. 1, pp. 2-13, 2018.
R. A. Pamungkas, E. Alfarishi, E. Aditiarna, A. Muklhisin dan R. F. Aziza, “Analisis Kualitas Website SMK Negeri 2 Sragen dengan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysist (IPA),” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 3, no. 1, pp. 17-23, 2019.
S. N. Rahmaini, nalisis kualitas website akademik menggunakan metode webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) (Bachelor's thesis,, Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah)., 2018.
R. F. Akbar, Analisis Kualitas Website E- Learning Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Psyche) Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (IPA), Surabaya: Universitas Airlangga, 2019.
J. Tarigan, “User Satisfaction using WebQual Instrument : A Research on Stock Exchange of Thailand (SET),” Jurnal Akuntansi dan Keuangan, vol. 10, no. 1, pp. 34-47, 2008.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8)., Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.
Y. Pratama, Pengukuran Kualitas Website CDC Universitas Telkom Menggunakan Metode WebQual 4.0, vol. 10, Bandung: Universitas Telkom, 2015, pp. 34-47.