PERAN PROMOSI DAN HARGA DALAM MEMBANGUN KEPUTUSAN BELI

  • I Nyoman Budhiartha Politeknik Pariwisata Batam
  • Agung Edy Wibowo Politeknik Pariwisata Batam
  • Widi Hardini Politeknik Pariwisata Batam
  • Violetta Cherryline Politeknik Pariwisata Batam

Abstract

Kota Batam, sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia, memiliki daya tarik kuliner yang signifikan bagi wisatawan domestik dan internasional. Keanekaragaman hidangan lokal, menjadi bagian penting dari pengalaman wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan beli pelanggan kuliner ayam kosek di Batam. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey, melibatkan 100 responden penikmati hidangan ayam kosek yang terletak di sebuah kawasan bisnis strategis di Kota Batam. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner mencakup persepsi responden terhadap promosi, harga, dan keputusan beli produk ayam kosek. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan beli pelanggan di rumah makan ayam kosek di Batam. Strategi promosi yang efektif, termasuk pemanfaatan platform digital dan media sosial, terbukti mampu meningkatkan minat dan keinginan wisatawan untuk membeli produk ayam kosek. Selain itu, harga juga ditemukan memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan beli pelanggan di rumah makan ayam kosek. Penetapan harga yang strategis dan sesuai dengan persepsi nilai pelanggan menjadi faktor penting dalam menarik minat beli. Lebih lanjut, hasil analisis secara simultan menunjukkan bahwa promosi dan harga secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan beli pelanggan ayam kosek. Implikasi ini menjadi penting khususnya dalam merancang strategi promosi yang menarik dan menetapkan harga yang kompetitif dengan mempertimbangkan preferensi wisatawan. Pemanfaatan teknologi dalam menyampaikan informasi promosi dan penawaran harga yang menarik dapat menjadi keunggulan kompetitif.
Published
2025-07-25
How to Cite
Budhiartha, I. N., Wibowo, A., Hardini, W., & Cherryline, V. (2025). PERAN PROMOSI DAN HARGA DALAM MEMBANGUN KEPUTUSAN BELI. JURSIMA, 12(3). https://doi.org/10.47024/js.v12i3.1137